POLDA 

Kapolres Lhokseumawe Terima Kunjungan Komisioner KIP Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara

REPORTASE BHAYANGKARA

LHOKSEUMAWE – Kapolres Lhokseumawe, AKBP Henki Ismanto, SIK menerima kunjungan Komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara di Mapolres Lhokseumawe, Senin (18/7/2022).

Pertemuan yang berlangsung di ruang kerja pria nomor satu di jajaran Polres Lhokseumawe tersebut turut dihadiri Kabag Ops, Kompol Abdul Muin, Kasat Intelkam, AKP Rudi Patar Marihot Siahaan, SH dan sejumlah personel lainnya, Ketua KIP Kota Lhokseumawe, Mohd Tasar, BA, MA, Ketua KIP Aceh Utara, Zulfikar, SH beserta anggota komisioner.

Kapolres Lhokseumawe, AKBP Henki Ismanto, SIK kepada para anggota KIP ini mengharapkan, dalam melaksanakan tahapan pemilu agar dibuat rapat koordinasi baik dengan Kepolisian, Kejaksaan dan Panwaslih serta stakeholder terkait lainnya.

“Pemilihan umum merupakan even skala nasional yang memerlukan perhatian khusus, sehingga apabila ada permasalahan yang timbul selama tahapan hingga pemilihan bisa diselesaikan secara bersama-sama,” ujarnya.

Kemudian, kata Kapolres, pada tahap awal bagi setiap pasangan calon yang akan mendaftar agar pihak pelaksana baik dari Polisi, Kejaksaan, KIP dan Panwaslih agar memeriksa secara detail kelengkapan serta keaslian administrasi. Sehingga, tidak menimbulkan permasalahan pada saat pemilihan dan pelantikan nantinya.

Pada kesempatan tersebut, AKBP Henki Ismanto juga menjelaskan, saat pelaksanaan kegiatan kampanye oleh masing-masing partai politik nantinya pihak Kepolisian akan melakukan rekayasa lalu lintas untuk menghindari gesekan antar sesama pendukung.

Sementara itu, Ketua KIP Kota Lhokseumawe, Mohd Tasar mengungkapkan, untuk tahapan Pemilu sudah dilakukan launching serentak oleh KPU-RI pada tanggal 14 Juni 2022, namun saat ini untuk kegiatannya masih di tahap KPU pusat, untuk KIP Aceh baru akan melaksanakan kegiatan pada awal agustus yaitu verifikasi partai politik.

“Untuk saat ini jumlah partai politik nasional dan lokal yang sudah mendaftar melalui Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) yaitu 38 parnas dan 7 partai lokal, jumlah ini masih bisa bertambah untuk kedepannya, Untuk parnas nantinya akan diverifikasi.

(Red/Asty).

Related posts

Leave a Comment