DAERAH TNI AL 

Jenazah ABK TB. MTS 17 Yang Jatuh Di Perairan Sungai Baung Kabupaten OKI Berhasil Ditemukan TNI AL

REPORTASE  BHAYANGKARA

Palembang, Bertempat di Tambatan Sahril Desa Bukit Batu, Kecamatan Air Sugihan, Kabupaten OKI, pada posisi
2°45’11.4228” S – 105°14’39.3288″ E,
telah terjadi insiden orang terjatuh ke sungai, korban merupakan ABK TB. MTS 17.

Adapun kronologis kejadian, pada hari Sabtu dinihari tanggal 18 Februari 2023 sekira pukul 03.00 Wib, Pos Binpotmar TNI AL Sungai Baung mendapat informasi via telepon dari pihak PT. OKI Pulp and Paper Mills bahwa telah terjadi insiden laka air dimana salah seorang ABK dari TB. MTS 17 telah terjatuh ke sungai pada hari Jumat malam sekira pukul 23.00 Wib saat sedang melaksanakan pekerjaan yaitu mengambil terpal untuk digunakan menutup muatan yang berada diatas TK. Samudera Bintan 99 yg ditarik oleh Kapal Tagboat yang bersangkutan.

Begitu mendapatkan informasi tersebut, Personel Binpotmar TNI AL Sungai Baung langsung mengambil tindakan cepat yakni mendatangi lokasi kejadian, mendata identitas Korban, melaksanakan usaha pencarian terhadap korban hilang dan melaporkan kepada Pimpinan Atas.

Diperoleh informasi identitas korban yaitu, Alimudin, Padang 19 November 1977, Usia 44 tahun, Alamat Jalan Sutan Syahrir RT. 001/003 Kelurahan Rawang Kecamatan Padang Selatan, Sumatera Barat.

Data Nahkoda Hermansyah,  Kuala tungkal 26 Februari 1974, usia 48 tahun, Alamat di Jalan Hidayah RT. 003/003 Kelurahan Alah Air Timur Kecamatan Tebing Tinggi Sumatera Barat.

Data Kapal, Nama TB. MTS 17, GT 130, berlayar dari Pontianak tujuan OKI Baung, muatan Kayu Akasia.

Pada pukul 16.45 Wib, bertempat di Perairan Sungai Baung Desa Bukit Batu Kecamatan Air Sugihan Kabupaten OKI, Personel Binpotmar TNI AL Sungai Baung yang melaksanakan Pencarian/SAR akhirnya berhasil menemukan korban yang sudah dalam keadaan meninggal dunia.Korban ditemukan oleh personel Binpotmar TNI AL Sungai Baung Serda Lis Delli Saputra. Saat ditemukan mayat berada dibawah Tongkang Samudera Bintan 99 yang bersandar tidak jauh dari lokasi awal jatuhnya korban.

Insiden ini adalah murni kecelakaan kerja, selanjutnya jenazah Korban dibawa ke RS. Pelabuhan Palembang oleh pihak Perusahaan Kapal yang bersangkutan, untuk selanjutnya diserahkan kepada pihak keluarga.

Ditempat terpisah, Komandan Lanal Palembang Kolonel Laut (P) Widyo Sasongko, S.E., M.Tr. Hanla., dalam pernyataannya menyampaikan apresiasi yang tinggi atas aksi cepat anggota Binpotmar Sungai Baung Lanal Palembang dalam melaksanakan SAR atas insiden, dan hal itu merupakan implementasi pelaksanaan perintah pimpinan TNI AL yang selalu menekankan kepada jajaran TNI AL agar memanfaatkan dan melibatkan segala potensi yang dimiliki baik personel maupun alutsista untuk memberikan perlindungan serta manfaat bagi masyarakat,” pungkas Komandan Lanal Palembang. (Red)

Related posts

Leave a Comment