DAERAH POLRES SILATURAHMI 

Kapolres Tulungagung Mengajak Semua Elemen Masyarakat Untuk Terus Bersinergi Menjaga Harkamtibmas

REPORTASE  BHAYANGKARA

TULUNGAGUNG – Dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat yang ada di Wilayah kabupaten Tulungagung, Polres Tulungagung menggelar program Jum’at Curhat secara serentak di seluruh wilayah Kecamatan yang ada di Kabupaten Tulungagung.

Program Jum’at curhat kali ini dilaksanakan di kantor kecamatan Ngunut kabupaten Tulungagung, Jum’at 27 Januari 2023

Menurut Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto, SIK, MH program Jum’at Curhat juga dalam rangka untuk menjaga Harkamtibmas di Kabupaten Tulungagung agar tercipta situasi yang aman dan kondusif.

Jum’at Curhat adalah sebagai sarana Kapolres bersama jajarannya bisa bertemu langsung dengan masyarakat, agar masyarakat bisa menyampaikan keluhan terkait permasalahan yang terjadi.

“Jadi program Jumat Curhat ini kita bisa memberikan langsung informasi dan win win solution kepada masyarakat yang ada permasalahan,” ucap Kapolres

Dikatakannya, dalam program Jum’at Curhat di wilayah Kecamatan Ngunut kali ini juga diikuti oleh Pju polres Tulungagung, para kades, Tomas dan toga.

Kapolres juga menekankan pentingnya menghidupkan kembali kegiatan poskamling, supaya masyarakat juga berperan dalam ikut menjaga keamanan dilingkungan tempat tinggalnya dan pada nantinya polres Tulungagung akan bekerjasama dengan Pemda untuk uk mengadakan lomba poskamling.

Dalam dialog tanya jawab Kapolres dengan Kades, tokoh masyarakat dan tokoh agama di kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung ada 6 ( enam) permasalahan yang disampaikan oleh para peserta Jum’at curhat di kantor kecamatan Ngunut

-.Mohon terkait MOU kemendagri, jaksa agung dan Kapolri terkait penggunaan anggaran desa, mohon ada permasalahan dumas tidak serta Merta langsung disidik.

Mohon dalam pembuatan sim agar tidak dipersulit

-Para petani mengeluhkan sulitnya untuk mendapatkan pupuk.

-Pertigaan dekat pasar ngunut kalinya cukup padat, mohon ada solusi untuk pemasangan rambu lalulintas atau trafik light

-Mohon pada saat masyarakat mengadakan hajatan levelnya desa mohon bisa dihendel pada level desa

-Adanya rumah kost yang keberadaanya disalahgunakan atau penghuninya tidak bisa menunjukkan surat identitas diri

“Tadi ada permasalahan yang disampaikan oleh tokoh masyarakat serta tokoh agama. Yang mana semuanya bisa kita koordinasikan, dan kita komunikasikan dengan semua stage holder yang ada dengan harapan semoga semua permasalahan tersebut segera terselesaikan dengan baik,” terang Kapolres.

Dalam hal ini Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto memberikan jawaban bahwa

Terkait dengan dana desa mohon penggunaanya tepat dan jangan disalahgunakan, jangan takut kita bekerja secara profesional, polri akan mengawal jika penggunaan anggaran benar.

Kita akan optimalkan pelatian kepada warga masyarakat yang akan membuat SIM, satlantas polres Tulungagung mempunyai program quicking clinic, nanti pak kasat lantas akan mengagendakan pelatihan

Polres Tulungagung punya program quicking clinic, sarana untuk melatih warga masyarakat dalam pembuatan SIM dan saya perintahkan pak kasat lantas untuk mengagendakan pelatihan ujian SIM

Masalah kelangkaan pupuk karena ini domainya bukan pada polri, maka kami akan mengkoordinasikan dengan dinas pertanian untuk mengatasi kelangkaan pupuk

Untuk mengatasi kemacetan di simpang tiga dekat pasar ngunut, pak Kasatlantas agar berkoordinasi dengan dinas perhubungan untuk mengatasi permasalahan kemacetan

Rumah kost yang disalahgunakan atau penghuninya tidak jelas, mohon pak Kapolsek kordinasi dengan desa untuk melakukan pendataan guna dilakukan pembinaan

Ijin hajatan silahkan dikoordinasikan dengan pak kasatintel, dan polri intinya akan mempermudah apa yang diinginkan masyarakat asalkan sesuai prosedur yang berlaku

Lebih lanjut Kapolres mengatakan program Jumat Curhat dilakukan secara serentak di 19 wilayah kecamatan yang ada di Tulungagung.

“Hari ini kita perintahkan seluruh Kapolsek jajaran di 19 Kecamatan melaksanakan program Jum’at curhat.

Dan Insyaallah kegiatan ini kedepannya kita laksanakan secara kontinyu, karena ini sebagai sarana yang efektif dengan melihat langsung permasalahan yang ada dilapangan,” tandasnya.

Untuk itu Kapolres juga terus mengajak semua stage holder dan semua elemen masyarakat untuk terus bersinergi bahu membahu untuk menjaga Harkamtibmas yang aman dan kondusif diwilayah masing – masing.

Hadir dalam Jum’at curhat di kantor kecamatan Ngunut kabupaten Tulungagung antara lain, Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto SIK, MH, Wakapolres KOMPOL DodikTri Hendro Siswoyo, PJU Polres Tulungagung, Forkopimcam kecamatan Ngunut, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

(Red)

Related posts

Leave a Comment